Kenapa Tiap Pemimpin Harus Kuasai Teknik Coaching?

WhatsApp
Telegram
Facebook
Twitter
LinkedIn
Kenapa Tiap Pemimpin Harus Kuasai Teknik Coaching

Kenapa tiap pemimpin harus kuasai teknik coaching?” Ini pertanyaan menarik namun sekaligus mudah untuk menjawabnya.

Ada terlalu banyak alasan yang bisa kami jawab secara panjang lebar. Namun dalam kesempatan kali ini, kami akan mencoba membuatnya lebih ringkas dan mudah kamu pahami.

Setidaknya, ada 6 alasan untuk menjawabnya. Mari bahas semuanya satu per satu.

Coaching mampu meningkatkan kinerja tim dan individu

Pemimpin dimanapun memiliki peran strategis untuk mencapai tujuan dengan memanfaatkan sumber daya manusia yang dimilikinya.

Jika tak berhasil untuk urusan ini, maka pemimpin bisa dikatakan gagal.

Dengan melakukan coaching dalam kepemimpinan, pemimpin bisa lebih mampu untuk memberdayakan timnya. Kemampuan mengenali dan menggali masalah tim lalu menuntaskannya dalam proses coaching sangat bermanfaat untuk hal ini.

Coaching mampu meningkatkan hubungan konstruktif dengan tim

Dengan skill coaching, pendekatan pemimpin kepada karyawannya bisa terasa lebih manusiawi. Pemimpin menggunakan empatinya dalam menyelesaikan problem timnya.

Hal ini tentu bisa membuat relasi antara pemimpin dan tim menjadi lebih bagus.

Kemungkinan perpecahan dan ketidaksinkronan bisa diminimalisir. Sebaliknya, tim justru berpotensi secara sukarela untuk lebih banyak berkontribusi aktif dan positif.

Baca Juga: Ketahui 6 Jenis Coaching Berikut ini, Mana Kebutuhanmu?

Coaching meningkatkan kemampuan pemimpin mengupgrade tim

Pemimpin yang baik bukanlah pemimpin yang bekerja sendiri dan jago sendiri.

Idealnya, ia juga mampu untuk membuat timnya sama sama berkembang ke arah yang lebih baik. Bahkan, menjadi sangat hebat ketika anggota timnya satu persatu bisa dicetak menjadi para pemimpin baru yang lebih hebat.

Kemampuan coaching juga sejatinya meniscayakan hal ini. Pemimpin tak akan hebat sendiri. Ia dan timnya maju beriringan dalam karirnya.

Coaching meningkatkan kemampuan delegasi pemimpin

Salah satu tugas pemimpin adalah memetakan setiap anggotanya untuk bekerja pada posisi tertentu. Untuk itu, kegiatan mendelegasikan adalah perkara yang pasti sering pemimpin lakoni.

Sayangnya, ini akan menjadi masalah ketika pemimpin salah dalam mendelegasikan orang. Bagaimanapun, kesalah tim juga merupakan kesalahan pemimpin.

Coaching skill adalah salah satu jalan untuk mencegah problem ini. Jika pemimpin akrab melakukan coaching kepada timnya, ia akan punya informasi yang memadai.

Ia pasti tahu potensi mereka masing masing. Pemimpin sanggup menimbang apakah si A atau si B layak melakukan tugas ini atau itu.

Baca Juga: 3 Manfaat Coaching yang Harus Diketahui

Coaching meningkatkan motivasi dan produktivitas tim

Berbeda dengan pola kepemimpinan instruksional dan memaksa, coaching akan mendorong tim untuk memiliki motivasi yang murni dari dalam dirinya.

Tim diarahkan untuk menyadari sendiri apa masalahnya dan bagaimana upaya yang bisa ia lakukan sendiri untuk mengatasinya.

Hal ini sejatinya lebih bagus. Motivasi yang hadir jadi lebih kuat dan hasil yang didapat bisa jadi lebih produktif.

Baca Juga: Kapan Dibutuhkannya Coaching?

Coaching meningkatkan keterampilan leadership pribadi

Terakhir dan yang tak kalah penting, kemampuan coaching yang dimiliki pemimpin dan terus diasah tentu saja bermanfaat bagi pemimpin itu sendiri.

Skill ini bisa membuat pemimpin menjadi pemimpin yang hebat dan menonjol di perusahaan. Kok bisa? Tentu saja, karena perusahaan akan melihat kualitas pemimpin dari kemampuan memberdayakan timnya.

Ujungnya, karir pemimpin dengan kemampuan coaching akan lebih cepat melesat. Maka jika kamu merupakan individu dengan cita-cita punya pekerjaan menjadi leader di top level, kuasailah skill ini.

Keenam alasan kenapa tiap pemimpin harus kuasai teknik coaching mudah mudahan sudah cukup menjelaskan semuanya. Tak bisa diragukan lagi bahwa setiap pemimpin perlu memiliki skill ini. Jadi, tertarikkah kamu mempelajari dan menguasainya?

Bantu Share ya:

WhatsApp
Telegram
Facebook
Twitter
LinkedIn
Artikel Inspirasi

Artikel Inspirasi

Seluruh artikel ini ditulis oleh para Trainer & Coach TransformaID

Lanjut Baca Artikel Kami yang Lain: